Kamis, 23 April 2015

BAB 8 GERAK TUMBUHAN


sumber 1
Gerak pada tumbuhan dapat di bedakan menjadi dua bagian, Yakni Gerak Endonom dan Juga Gerak Etionom.
Gerak Endonom
Gerak Endonom merupakan gerak non Pengaruh faktor.
Kita ambil contoh:
1. Mengalirnya protoplasma yang dapat di lihat pada sel-Sel Elodia dan gerak kromosom saat membelah.
2. Gerak pecahnya kulit buah polong-polongan yang sudah kering,
3. Membukanya gigi peristom pada sporangium lumut disebut gerak higrokopis.
Gerak higroskopis disebabkan oleh berkurangnya kadar air secara terus-menerus, sehingga biji, buah, atau sporangium menjadi retak
Gerak Etionom
Gerak Etionom adalah gerak yang di pengaruhi oleh rangsangan.
Kita ambil contoh rangsangan Fisik misalnya Suhu, Cahaya dan juga Gravitasi. Sementara untuk contoh rangsangan mekanik dapat berupa sentuhan dan tiupan angin dan yang terakhir adalah contoh rangsangan kimia adalah Kadar Racun serta pupuk.
Gerak Etionom dapat kita bedakan menjadi tiga Bagian Yakni Tropisme, Nasti dan Taktis.

A. Tropisme

Gerak ini merupakan gerak tumbuhan yang arah geraknya sangat di pengaruhi oleh arah datangnya Rangsangan, Tropisme positif merupakan gerak yang arahnya menghampiri atau pula mendekati rangsangan Sementara itu tropisme negatif adalah gerak yang arahnya menjauhi rangsangan.
Jika kia mengacu dari Tropisme di bedakan menjadi beberapa macam bagian, yakni geotropisme (gravitasi), fototropisme (cahaya), tigmotropisme (sentuhan), kemotropisme (kimia), termotropisme (temperatur), dan hidrotropisme (air). 
1. Geotropisme
Geotropisme adalah Gerak tropisme yang di sebabkan oleh adanya pengaruh rangsangan gravitasi bumi, Organ pada umbuhan pada umumnya menunjukan pertumbuhan Geotropisme, baik itu positif maupun negatif.Geotropisme positif adalah gerak searah gravitasi bumi, Kita ambil contoh Akar tumbuhan, sedangkan geotropisme negatif adalah gerak berlawanan arah gravitasi bumi, misalnya gerak tumbuh batang tumbuhan.
2. Fototropisme
Fototropisme adalah Gerak tropisme yang di sebabkan oleh adanya pengaruh rangsangan dari cahaya. Pada Umumnya dapat kita jumpai bagian tumbuhan di atas tanah bersifat fototropisme positif dan akar bersifat fototropisme negatif. Gerak fototropisme adalah hasil interaksi antara sinar matahari dan hormon. Pada tumbuhan, sel-sel di sisi yang lebih gelap akan memanjang lebih cepat daripada sel-sel di tempat yang lebih terang. Hal itu terjadi karena distribusi auksin yang bergerak turun dan ujung batang, tidak merata akibat adanya pengaruh.
3. Tigmotropisme
Gerak ini di sebabkan oleh adanya sentuhan pada tumbuhan, pada umumnya ini terjadi pada tumbuhan pemanja seperti anggur, ubi, mentimun dan juga tumbuhan pemanjat lainya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, tumbuhan pemanjat pada umumnya mempunyai bagian penyokong yang berupa sulur. Nah sulur inilah yang dapat membelit pada benda yang di sentuhnya, hal ini tentu saja terjadi dikarenakan pertumbuhan sel-sel pada bagian yang terkena sentuhan, melambat, sehingga bagian tersebut lebih pendek daripada bagian yang tidak terkena sentuhan. Akibatnya, sulur akan tumbuh melengkung ke arah benda yang menyentuhnya.
4. Kemotropisme
Gerak ini merupakan gerak yang terjadi pada tumbuhan dikarenakan adanya rangsangan kimia, tentu saja jika kita ingin ambil contoh adalah Gerak akar menupuk dan pertumbuhan saluran serbuk sari menuju bakal buah ketika pembuahan.
5. Hidrotropisme.
Adalah gerak tumbuhan dikarenakan adanya rangsangan air, Contoh yang dapa kita ambil adalah Akar yang bergerak mendekati Air.

B. Nasti

Nasti merupakan gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi sama sekali oleh adanya rangsangan.Gerak ini di sebabkan dari perubahan turgor yang ada pada jaringan di ulang daun.
Berdasarkan jenis rangsanganya. Nasti  kita bagi menjadi beberapa bagian di antanya tigmonasti (sentuhan), fotonasti (cahaya), niktinasti (pengaruh gelap), termonasti (suhu), dan nasti kompleks.
1. Tigmonasti (Seismonasti)
Seismonasti adalah gerak Nasti yang hanya terjadi jika adanya rangsangan sentuhan, gerak ini terjadi pada tanaman Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica, Jika daun putri malu di sentuh, maka rangsangan akan merambat ke dasar daun dan kemudian daun akan menutup.
2. Niktinasti
Adalah gerak nasti dikarenakan adanya pengaruh gelap, kita ambil contoh merunduknya daun-daun anggota famili Leguminoceae di sore hari. Gerak ini di sebabkan ole adanya perubahan tekanan turgor pada sel-sel penggerak tumbuhan tersebut.
3. Fotonasti
adalah gerak nasti yang terjadi dikarenakan adanya pengaruh dari rangsangan cahaya, kita ambil contoh Mekarnya bunga pukul empat atau bunga asar dan bunga pukul sembilan
4. Termonasti
Adalah gerak nasti yang di sebabkan oleh adanya rangsangan suhu, kita ambil contoh mekarnya bunga tulip ketika Musim semi tiba.
5. Nasti Kompleks
Adalah Gabungan dari fotonasti, kemonasi dan hidronasti yang mana mekanisme gerak stomata di pengaruhi oleh adanya cahaya, contoh yang dapat terjadi adalah membuka dan menutupnya stomata.

C. Taksis

Taksis merupakan gerak yang hanya terjadi oleh adanya rangsangan. seluruh tubuh tumbuhan itu bergerak dan arah gerak ini di pengaruhi karena di tentukan oleh adanya arah rangsangan.
Berdasarkan jenis dari Rangsanganya, Taksis dapat di bedakan menjadi tiga bagian yakni Fototaksis, Kemotaksis dan juga Galvanotaksis.
1. Fototaksis
Fototaksis adalah gerak taksis karena adanya rangsangan dari cahaya. Contoh yang dapat kita ambil adalah, Euglena yang bergerak dengan bulu cambuk menuju cahaya.
2. Kemotaksis
Kemotaksis adalah gerak taksis karena rangsangan zat kimia. contoh yang dapat kita ambil adalah Sel gamet tumbuhan lumut. Gamet jantan bergerak menuju gamet betina. tidak adanya pergerakan disebabkan adanya zat kimia pada garnet betina.
3. Galvanotaksis
Galvanotaksis adalah gerak taksis karena pengaruh arus listrik. Contohnya adalah gerakan bakteri ke arah kutub positif atau negatif.

sumber 2

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Ada 2 macam gerak pada tumbuhan yaitu :

1. Gerak Endonom:
yaitu gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan. Ada 2 gerakan endonom yaitu :

a. Gerak Nutasi yaitu gerakan spontan yang tidak disebabkan adanya rangsangan dari luar. Contohnya gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata

b. Gerak Higroskopis yaitu gerakan pada tumbuhan yang disebabkan adanya perubahan kadar air. Contohnya gerak pecahnya kulit buah polong-polongan yang sudah kering.

Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan
Source: Google Images

2. Gerak Etionom yaitu gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. 
Faktor penyebab gerakan etionom diantaranya;
-faktor air, 
-cahaya, 
-rangsangan berupa sentuhan, 
-temperatur/suhu, 
-gravitasi, 
-zat kimia dll.

 Ada 3 gerakan etionom yaitu :

a. Tropisme yaitu gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi :

  • Fototropisme adalah gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya matahari. Fototropisme ada dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Fototropisme positif arah gerak pertumbuhannya selalu menuju kearah cahaya, contohnya gerak  tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Sedangkan, fototropisme negatif arah gerak pertumbuhannya selalu menjauhi cahaya, contohnya beberapa tumbuhan tropis merambat.
  • Geotropisme adalah gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif.  Geotropisme positif arah pertumbuhannya selalu menuju kebawah atau kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif arah pertumbuhan akarnya selalu menuju ke atas.
Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan
Source: Google Images

  • Hidrotropisme adalah gerakan pada tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair. Hidotropisme ada dua yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif. Hidrotropisme positif arah pertumbuhannya menuju tempat yang berair. Contohnya arah pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju ketempat yang mengandung air. Hidrotropisme negatif arah pertumbuhannya menjauhi tempat yang berair.
  • Tigmotropisme adalah gerakan pada bagian tumbuhan akibat persinggungan. Contohnya, sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan
Source: Google Images


b. Taksis adalah gerakan seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak Taksis dibedakan menjadi :

  • Fototaksis adalah gerakan pada seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya, gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya.
  • Kemotaksis adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contohnya, spermatozoid pada arkegonium lumut-lumutan dan paku-pakuan yang bergerak karena tertarik oleh zat gula atau protein.

c. Nasti adalah gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak nasti dibedakan menjadi :

  • Fotonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contohnya, gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari. 
  • Thermonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu. Contohnya, mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.
  • Niktinasti adalah gerakan yang disebabkan kondisi gelap. Contohnya, gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) karena cahaya gelap.
  • Seismonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan. Contohnya, gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena sentuhan. Daun putri malu akan menutup apabila disentuh. 
Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan
Source: Google Images

  • Kemonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contohnya, membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari karena adanya karbondioksida.
  • Nasti kompleks adalah gerak yang dipengaruhi lebih dari satu macam rangsang. Contohnya, gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.


sumber 3

Jenis Gerak pada Tumbuhan.

Berdasarkan ada tidaknya rangsang gerak tumbuhan dibedakan menjadi :

       a. Gerak endonom.

berbagaireviews.com

  Gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi rangsang atau tidak dipengaruhi faktor dari luar.
Contoh gerak endonom : kulit buah polong-polongan akan pecah jika sudah kering, gerak kromosom pada saat sel membelah.

b. Gerak etionom.

     Gerak etionom adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Rangsangan dapat berupa cahaya matahari, air, sentuhan, gaya gravitasi bumi dll.

Macam - macam Gerakan Etionom
    1. Nasti.
      berbagaireviews.com

      Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak nasti disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun.

      Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
      • Seismonasti atau tigmonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat rangsangan sentuhan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) ketika disentuh.
      berbagaireviews.com

      • Niktinasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat pengaruh gelap. Contohnya adalah "gerak tidur" yang dilakukan daun dari tumbuhan polong-polongan.
      berbagaireviews.com

      • Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Contohnya mekarnya bunga tulip ketika suhu udara naik.
                                            berbagaireviews.com 
      • Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya adalah mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada saat sore hari di saat terkena sinar matahari.

      • Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan lebih dari satu rangsangan. Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata. 

          2. Tropisme.

      Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Tropisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu trope, yang berarti membelok. Tropisme positif adalah gerak yang arahnya mendekati rangsangan, sedangkan tropisme negatif adalah gerak yang arahnya menjauhi rangsangan.

      Berdasarkan jenis rangsangannya, tropisme dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
      • Geotropisme, geotropisme atau gravitropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan rangsangan gaya gravitasi bumi. 
      berbagaireviews.com

      Geotropisme ada dua yaitu
      1. Geotropisme positif
          geotropisme positif adalah gerak organ tumbuhan mendekati inti bumi.
      2. Geotropisme negatif.
          Sedangkan geotropisme negatif adalah gerak berlawanan arah gravitasi bumi, menjauhi inti bumi.
      • Fototropisme, fototropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan cahaya. 
                                             berbagaireviews.com 
      Fototropisme terbagi dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Pada umumnya, bagian tumbuhan di atas tanah bersifat fototropisme positif, misalnya bunga matahari akan mekar dan batangnya mengikuti arah sinar matahari. Dan akar bersifat fototropisme negatif
      • Tigmotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan sentuhan. 
                                      berbagaireviews.com 
      Pada umumnya tigmotropisme terjadi pada tumbuhan pemanjat (tumbuhan yang memiliki sulur)seperti anggur, ubi jalar, melon, dan tumbuhan pemanjat lainnya.
      berbagaireviews.com
      •  Hidrotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan air. Contohnya gerak pertumbuhan akar menuju ke air.
      • Termotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan suhu.
      berbagaireviews.com
      •  Kemotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerak akar menuju pupuk.
      berbagaireviews.com
      • Reotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh aliran air sehingga mempengaruhi arah gerak tumbuhan. Contohnya eceng gondok.
      3. Taksis.

             Taksis adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan luar. Seluruh tubuh tumbuhan akan bergerak, dan arah geraknya ditentukan oleh arah rangsangan.

                                    berbagaireviews.com

      Berdasarkan jenis rangsangannya, taksis dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
      • Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan cahaya. contohnya gerak Euglena menuju cahaya. 
      Fototaksis dibedakan menjadi dua yaitu fototaksis positif dan fototaksis negatif. Fototaksis positif adalah gerak tumbuhan mendekati rangsangan cahaya, sedangkan fototaksis negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan cahaya.
      • Kemotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan zat kimia. Contohnya gerak sel spermatozoid menuju sel telur.
      • Galvanotaksis atau Elekrotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan listrik. contohnya Gerak organisme tingkat rendah bergerak mendekati listrik.
      • Termotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan suhu atau temperatur .
      •  Gravitaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh Gravitasi Bumi
      •  Tigmotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh kontak fisik atau sentuhan.
      •  Reotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh aliran air.
      •  Phonotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh suara.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar